Rumah Buna Akan Disulap Oleh Anggota TNI

SITUBKNDO - Hari ini, Anggota dari Koramil 16/Sumbermalang Kodim 0823/Situbondo bersama warga masyarakat Dusun Krajan Rt 01 Rw 01 Desa Pelalangan bahu membahu bedah rumah bapak Buna untuk disulap menjadi rumah minimalis yang sederhana, aman, nyaman dan sehat. Jum'at (17/07/2020).

Bapak Buna warga yang tinggal di sebuah rumah gubuk yang hanya berdinding anyaman bambu (gedek) dan berlantaikan tanah tempat kelahirannya di Dusun Krajan  Desa Pelalangan Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo, dikenal sebagai salah satu warga kurang mampu yang masih jauh dari kata cukup, keseharinya hanya bekerja sebagai buruh serabutan berangkat pagi pulang sore dengan penghasilan yang jauh dari cukup, dengan upah yang tidak tentu.

Kondisi itulah yang membuat bapak Buna hingga puluhan tahun tak bisa memiliki rumah idaman yang nyaman seperti rumah tetangga yang lain, kini kondisi rumah yang cukup memprihatinkan lantaran sudah rapuh dimakan usia, apalagi toilet yang hanya mengandalkan BAB ke sungai.

Bangunan rumah yang berdiri diatas tanah tersebut didalamnya hanya berisikan tempat tidur (amben) yang terbuat dari bambu dan cuma satu elektronik radio saja yang dimilikinya untuk menemani bapak Buna dikala sedang istirahat.

Danramil 16/Sumbermalang menjelaskan bahwa, “Rumah yang tidak layak dihuni milik bapak Buna ini akan dirubah anggota TNI bersama warga menjadi Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu). Rutilahu merupakan program dari bapak Pangdam V/Brawijaya bersama Gubernur Jawa Timur. Pungkasnya (Pen 23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar