KODIM 0823/SITUBONDO MENYELENGGARAKAN KEGIATAN SOSIALISASI TENTANG UPAYA PENCEGAHAN KEBOCORAN TABUNG GAS LPG


Situbondo – Bertempat di halaman Makodim 0823/Situbondo Jl. P.B. Sudirman No. 32, Kel. Kotakan, Kec/Kab. Situbondo telah di selenggarakan kegiatan sosialisasi tentang upaya pencegahan terjadinya kebocoran tabung gas Elpiji. Kegiatan sosialisasi dipimpin langsung oleh Kasdim 0823/Situbondo Mayor Kav Suprapto dan Pasi Inteldim 0823/Situbondo Kapten Inf Edi Supriono diikuti ± 103 orang anggota Jajaran Kodim 0823/Situbondo dengan mengundang nara sumber dari PT. Multi Guna Situbondo. Jum’at (13/07/2018).
Maksud dan tujuan di selenggarakannya kegiatan sosialisasi yaitu agar anggota Kodim 0823/Situbondo memahami cara menangani dan pengamanan apabila terjadi kebocoran tabung gas Elpiji sehingga terhindar dari pada terjadinya kebakaran.

Dalam peragaan tersebut, petugas dari PT. Multi Guna Situbondo memperagakan bagaimana cara menggunakan kompor gas Elpiji yang baik dan benar. Mulai dari cara pemasangan regulator, selang penghubung, juga penggunaan dasar kompor elpiji. Anggota juga diberikan penjelasan penanganan jika elpiji mengalami kebocoran. “elpiji adalah gas yang tidak berbau, berwarna, dan tidak beracun. Pertamina sengaja menambahkan zat merkaptan agar berbau. Jadi bila tercium bau gas, segera buka semua ventilasi ruangan, tutup kran regulator, dan lepas regulator dari tabung gas. Selain itu juga yang perlu di perhatikan yaitu  Jika kita menerima tabung gas Elpiji 3 kg agar di cek label masa pakai, Cek logo Kuda laut dari Pertamina dan Jika kita menukar tabung gas 3 kg agar di buka seal pengaman agar tabung yang baru di ganti sel oleh Pertamina. “Ujar Bapak Jaya petugas PT. Multi Guna Situbondo)”.
 
Sosialisasi penanganan dan pengamanan kebocoran gas Elpiji yang dilakukan di satuan Kodim 0823/Situbondo karena dinilai sangat bermanfaat bagi seluruh anggota Prajurit dan PNS Kodim 0823/Situbondo, banyak anggotanya yang  belum tahu tata cara penangangan apabila terjadi kebocoran tabung gas Elpiji ditempat tinggalnya. Hal itu disebabkan kesibukan anggota selama menjalankan tugas. ”Anggota berangkat pagi pulang sore, bagaimana mereka tahu masalah gas Elpiji, oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh anggota Kodim 0823/Situbondo untuk berhati-hati dalam penggunaan tabung gas Elpiji di rumah, Gunakan sesuai dengan prosedur yang ditentukan demi keselamatan kita dan keluarga,”Ungkap Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa, S.E.,M.I.Pol”. (Sdd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar