PENDAMPINGAN PANEN PADI OLEH BABINSA MENGGUNAKAN MESIN COMBINE



Situbondo – Upaya khusus (UPSUS) Pertanian dalam meningkatkan hasil panen khususnya tanaman padi, petani perlu membuat terobosan baru menggunakan alat mesin pertanian (ALSINTAN) baru dan modern mulai dari pengolahan lahan dengan Hand Tractor, tanam bibit padi dengan menggunakan mesin tanam (Rice Transplanter) hingga panen padi menggunakan alat Combine. Jumat (13/07/2018).

Seperti yang dilaksanakan Babinsa Desa Sumberkolak Koramil 05 Panarukan Kodim 0823/Situbondo Serda Eko Wahyudi mendampingi anggota “ Poktan Suka Maju “ milik Ibu Warnindah tepatnya di Kampung Randu, Desa Sumberkolak saat panen padi dengan luas lahan 0,3 Ha dengan hasil 2,7 Ton gabah KS (Kering Sawah) jenis IR 64 SS dengan menggunakan mesin modern/Combine milik Bapak Erik warga Desa Alasmalang.


Pada kesempatan ini Serda Eko Wahyudi Babinsa Sumberkolak melakukan pendampingan dan berkesempatan mencoba alat panen padi Combine. Babinsa juga mengharapkan kepada petani yang tergabung dalam Poktan agar bisa menggunakan alat ini, karena terbukti panen lebih cepat sehingga dapat mulai olah lahan untuk musim tanam selanjutnya. Saya berharap semua anggota Poktan dalam panen bisa maksimal sehingga target swasembada pangan benar-benar bisa terwujud, ucapnya. 

Menurut Keterangan dari Ibu Warnindah untuk panen saya saat ini lumayan bagus karena air cukup lancar tidak lagi mengalami kesulitan air seperti dulu dan dengan adanya Bapak Babinsa yang selalu bersinergi dengan PPL dan Ketua Hippa Bapak Zaini Iskandar maka petani sangat terbantu sekalipun air harus bergantian namun tetap lancar dan tepat pada waktu yang dibutuhkan panen menggunakan mesin Combine jauh lebih cepat dibanding dengan tenaga manusia, selain itu secara ekonomis dapat menekan biaya panen karena biaya panen menggunakan Combine lebih murah. 

Danramil 05/Panarukan Kapten Joni K mengatakan bahwa dengan adanya pendampingan Babinsa dalam melaksanakan panen padi itu merupakan salah satu bagian dari tugas dan tanggung-jawab seorang Babinsa dengan upaya ikut membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah agar wilayah Kecamatan Panarukan menjadi swasembada pangan nasional dan dengan adanya pendampingan dari para Babinsa diharapkan hasil panen cukup bagus sehingga kesejahteraan para petani bisa meningkat. “ Kami dari Koramil akan selalu membantu petani untuk meningkatkan hasil panen yang semakin baik dan meningkat,” tegas Danramil. (sdd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar