PENDAMPINGAN PANEN DENGAN MENGGUNAKAN UBINAN



Situbondo - Aktivitas pendampingan bagi petani dilakukan oleh Koramil 03/Kapongan,  bersama dengan Forpimka Kapongan melakukan pendampingan panen padi dengan pengubinan yang dilakukan  di dusun Karangmalang, ds. Kesambirampak, kec. Kapongan yang disaksikan oleh Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH.  Dalam kegiatan pendampingan panen padi dengan pengubinan ini Forpimka Kapongan didampingi oleh Dinas Pertanian kabupaten Situbondo yang dibantu oleh PPL Kelompok Tani (Poktan) Amintani, Kamis pagi (06/03/2018).

Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian. Teknik ini umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan lahan satu hektare. Fungsi kegiatan pengubinan agar para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi mereka dan kegiatan pengubinan bisa membuka pengetahuan mereka tentang prediksi produksi gabah panennya, walau terkadang secara tidak sadar kegiatan ini hanya sekedar menghitung-hitung “ ujar Danramil 0823/03 Kapongan Kapten Inf Marwito.”

Luas/areal yang dilakukan pengubinan seluas 1 hektar dengan jenis MSP dan dilakukan secara organik, hasil dari pengubinan ukuran 2,5 m x 2,5 m di petik dan diproses menjadi gabah kemudian di timbang mendapatkan hasil 1, 9 kg sehingga bisa diprediksi perhektar menghasilkan 3 Ton padi. Selanjutnya dilakukan pemanenan dengan menggunakan komben/mesin untuk panen, padi yang dilakukan pengubinan tersebut merupakan percontohan merupakan padi yang dikelola secara organic tanpa bahan kimia. (sdd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar