KORAMIL PANARUKAN BANTU WARGA KORBAN PUTING BELIUNG

Situbondo - Rabu (1/3), Personel TNI dari Koramil 0823/05 Panarukan, dipimpin langsung oleh Pelda Gunarto turut membantu warga korban angin puting beliung di Dsn. Somangkaan Ds. Kilensari telah dilaksanakan kegiatan Gotong royong oleh Koramil 0823/05 Panarukan bersama masyarakat terkait paska terjadinya angin puting beliung yang terjadi pada Selasa tanggal 28 Februari 2017 pukul 17.00 WIB. kegiatan karya bakti ini diikuti kurang lebih 40 orang, yang terdiri dari  Koramil 0823/5 Panarukan sebanyak 10 orang,  Polsek Panarukan sebanyak 5 orang, Sat Pol PP Kec. Panarukan sebanyak 5 orang, BPBD Kab. Situbondo sebanyak 5 orang beserta Masyarakat setempat sebanyak 15 orang.


Akibat terjangan angin puting beliung ini sedikitnya sebelas rumah serta satu Musholla porak-poranda dan rata-rata rumah warga yang rusak di bagian atap. Angin berbentuk pusaran yang terjadi di wilayah itu, katanya, sekira pukul 17.00 WIB dan membuat dua belas bangunan mengalami kerusakan bagian atap tersebut dengan rincian sembilan rumah rusak ringan sedangkan dua rumah rusak berat serta satu musalla rusak ringan. Peristiwa angin puting beliung ini tiba-tiba terjadi dan disertai hujan dan beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian bencana puting beling. diantaranya nama pemilik rumah korban angin putting beliung yaitu Rumah Bapak Munif 45 Tahun (1 KK 5 Jiwa ) Kondisi rumah rusak berat, dan sebagian yang lainnya rusak ringan, sedangkan Mushollah milik Ust Hadawi Kondisi rumah rusak ringan (bagian genteng  / seng lepas), Dari kejadian angina puting beliung tersebut tidak ada korban Jiwa.

Pelda Gunarto menegaskan, pihaknya bersama unsur Muspika, BPBD Situbondo dan Perangkat Desa serta masyarakat setempat ikut bergotong royong membersihkan puing-puing dan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat bencana di desa tersebut.

"Kami melakukan pembersihan dan perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan serta menyingkirkan puing-puing dan pepohonan yang tumbang, hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat sebagai wujud bahwa kemanunggalan TNI dengan Rakyat, anggota Koramil juga selalu siap dan bertindak cepat sewaktu-waktu bila diperlukan oleh masyarakat " tegas Pelda Gunarto dilokasi.

Ia menambahkan, bahwa kejadian angin puting beliung di desa tersebut, pada umumnya melanda rumah warga pada bagian atapnya. “Untuk sasaran kami perioritaskan rumah-rumah yang atapnya dari genteng nglingkap/terbang, diharapkan apabila terjadi hujan tidak bocor, sambil menunggu bantuan dari pemerintah,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar