Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai

 
Situbondo - Kamis (21/02) Komandan Kodim 0823/Situbondo Kolonel Inf Akhmad Juni Toa S.E.,M.I.Pol mengerahkan 100 personel anggotanya, bersama tiga pilar dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019. Kegiatan ini merupakan aksi dan berbagai kegiatan kebersihan yang dipusatkan di Kec Panarukan Kampung Pesisir Desa Kilensari Situbondo. Tema dalam kegiatan ini yaitu “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.



Kegiatan tersebut diawali Apel pasukan yang di ikuti anggota tiga pilar dalam rangka aksi kebesihan dan sosialisasi bebas sampah kepada masyarakat, hal ini dilaksanakan di Panarukan Desa Kilensari Kamis, 21/2 yang diawali dengan pelaksanaan Apel yang di laksanakan di TPI Kilensari Panarukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariyono.



Pasukan apel kesiapan pembersihan Pesisir pantai Panarukan yang terdiri dari Kodim 0823/Situbondo, Polres Situbondo, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Situbondo, Dinas BPBD Kabupaten Situbondo beserta Muspika Panarukan, personel Polsek Panarukan, personel Koramil 0823/05 Panarukan, Ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana XXXVII Situbondo, serta Ibu-Ibu Bhayangkari dan masyarakat setempat.



Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariyono dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama untuk meningkatan penanggulangan pembersihan sampah, begitu juga terkait dengan program Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kita berharap kegiatan ini bukan hari ini saja, namun bisa terus berkelanjutan dan betul-betul terealisasikan di masyarakat. Ujar Kapolres.



Bersama tiga pilar Kabupaten Situbondo dan masyarakat melaksanakan beberapa kegiatan yakni, pengerukan saluran irigasi di sekitar pasar panarukan yang sudah terhambat dengan sampah, pengolahan sampah dan kebersihan, serta Aksi bersih pantai di Kec Panarukan Kab situbondo.



Pada pembacaan deklarasi Hari Peduli Sampah Nasional ini Komandan Kodim 0823/Situbondo Kolonel Inf Akhmat Juni Toa S.E.M.I.Pol menyampaikan  dengan salah satu amanahnya dimana dan bagi siapapun untuk peduli akan sampah, jangan malu dan segan untuk memungut sampah. Pesan Dandim.



Lebih lanjut Dandim menyampaikan pada apel peringatan Hari peduli sampah Nasional (HPSN)  2019 dan atas nama Pemerintah Kabupaten Situbondo mengucapkan  terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut melaksanakan, menjaga dan sosialisasi bebas sampah, Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan di masyarakat melalui gotong royong.



Mari kita sampaikan pesan ini kepada seluruh masyarakat agar secara kontinyu selalu berpola hidup bersih, mulai sekarang kita tanamkan sikap peduli sampah dan menjaga lingkungan yang dimluai dari perilaku jangan ada yang buang sampah sembarangan, semoga dengan kerja keras kita ini Kabupaten Situbondo bisa membersihkan sampah di seluruh titik objek, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan asri. Lanjut Dandim. (jt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar