Babinsa Sosialisasi Peningkatkan Produksi Hasil Pertanian Dan Perkebunan


Situbondo – Jum’at (21/12) Anggota Koramil 0823/05 Panarukan. Sertu Eko Wahyudi Babinsa Desa Sumberkolak Mendampingi petugas Dinas Pertanian dalam rangka Pelatihan Pembuatan MOL, PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria), Pestisida Nabati. Kegiatan yang dilaksanakan oleh BPPP Panarukan bertempat di lokasi peternakan milik Bapak H Suprapto Desa Sumberkolak bertujuan untuk Peningkatan kemampuan lembaga pertanian dan perkebunan.

Pelatihan tersebut dihadiri beberapa petugas dinas pertanian yang di antaranya Kasi Ketenaga Kerjaanan dan kelembagaan bidang penyuluhan pertanian Dinas DTPHP Situbondo (Ibu Yurin), Koordinator BPP Panarukan (Bapak Mazakki), Koorcam Panarukan (Ibu Tutik), PPL Desa Sumberkolak (Ibu Desi Komalasari), PPL Kec Kendit (Bapak Sutikno dan Bapak Dodik Erwinanto). Sebagai peserta pelatihan kurang lebih 30 orang adalah para petani muda (pemula) perwakilan dari Gapoktan 3 Kecamatan diantaranya Kecamatan Panarukan, Kecamatan Kota, dan Kecamatan Kendit (Kabupaten Situbondo).

Kepala seksi ketenagaan dan kelembagaan bidang penyuluhan pertanian Ibu Yurin menyampaikan diadakannya kegiatan pelatihan agar para petani - petani muda (pemula) lebih faham tentang teori pertanian sebagai bekal untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan yang mereka kelola. Pelatihan pembuatan Mol, PGRP, dan Pestisida nabati ini sangat mudah dipelajari serta bahan - bahannya pun sangat mudah didapatkan di lingkungan masing - masing akan tetapi fungsi dan manfaatnya sangat luar biasa untuk semua jenis tanaman untuk memacu pertumbuhan tanaman dan mengendalikan hama penyakit tanaman secara organik.

Babinsa Desa Sumberkolak (Sertu Eko Wahyudi) turut menyampaikan terima kasih kepada Dinas pertanian kecamatan Panarukan dan Dinas pertanian Kabupaten Situbondo yang mana telah menghadirkan para petani muda (pemula) dari 3 kecamatan untuk dibekali teori pertanian dan perkebunan dengan kegiatan pelatihan pembuatan Mol, PGPR, dan Pestisida Nabati. Lokasi peternakan di Wilayah Desa Sumberkolak memang bertujuan sebagai tempat pelatihan pertanian dan peternakan bagi siapapun, Jadi bagi petani / peternak muda jangan gengsi dengan profesi tersebut karena bagi saya pribadi Pertanian dan Peternakan adalah aset kekayaan alam yang tidak akan pernah habis selagi kita mau melestarikan dan mengembangkannya, Saya sangat mengapresiasi para petani muda begitupun peternak muda yang sadar dan mau mengembangkan profesi tersebut semoga hasil yang didapat dari pelatihan ini dapat dikembangkan dan di ketuk tularkan kepada petani - petani yang lain. (Imbuhnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar