DANRAMIL BANYUPUTIH MEMBERIKAN PEMBEKALAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN KEPADA LINMAS


Situbondo - Dilapangan kantor Balai Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih pagi hari pukul 09.00 s.d 10.30 WIB terlihat ramai sekali dengan warga berpakaian Linmas yang sedang berkumpul dan mendapatkan Pembinaan Pembekalan Keamanan dan Ketertiban Tahun 2018 yang diselenggarakan berkat kerjasama dan adanya koordinasi antara Tiga Pilar diwilayah Desa Wonorejo yang dihadiri oleh  Danramil 0823/08 Banyuputih Kapten Inf Kardiman, Sekcam Banyuputih H. Didik Joko Cahyono, Kades Wonorejo Sumarto Adi, Kasi Trantib Kec. Banyuputih Sumaryanto, Babinsa Desa Wonorejo Serka Rudiyantono, Babinkamtibmas Desa Wonorejo Brigadir Arifur dan dihadiri oleh Linmas Desa Wonorejo sebanyak 30 orang. Rabu, (11/07/2018).

Kepala Desa Wonorejo Sumarto Adi menyampaikan bahwa dengan diadakannya kegiatan Pembinaan Pembekalan Keamanan dan Ketertiban Tahun 2018 agar anggota Linmas paham dengan tugasnya dan saya mengucapkan terimakasih kepada anggota Linmas yang sudah hadir dan berperan aktif ikut menjaga keamanan dan ketertiban khususnya dalam pelaksanaan Pilgub sehingga dapat terlaksana dengan lancar dan aman serta berharap agar kedepan kegiatan semakin padat yaitu Pilleg dan Pilpres yang akan dilaksanakan Tahun 2019 dan dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan dapat menjadi bekal kepada Linmas Desa Wonorejo untuk lebih disiplin dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban desa khususnya.

Sekcam Banyuputih H. Didik Joko Cahyono dalam memberikan pembekalan terhadap Linmas Desa Wonorejo bahwa pentingnya adanya Linmas di masyarakat sangat dibutuhkan karena tugasnya adalah membantu Kepala Desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di Desa dan Sejarah Linmas terbentuk sebelum kemerdekaan yang secara terus-menerus mengganti nama dari Wanra, Hansip dan pada tahun 2002 berganti nama menjadi  Linmas sampai dengan sekarang serta menjelaskan tugas Linmas adalah menjaga keamanan pada saat kegiatan sosial kemasyarakatan dan menjaga keamanan, ketertiban di desa termasuk melaksanakan program Wajib Lapor 1x24 jam terhadap tamu yang ingin berkunjung ke desa.

Selanjutnya Danramil 0823/08 Banyuputih Kapten Inf Kardiman memberikan pembekalan dengan mengucapkan terima kasih kepada Linmas Desa Wonorejo yang telah membantu menjaga keamanan dalam kegiatan Pilgub kemaren tanpa adanya kerjasama yang baik kita tidak akan bisa melaksanakan tugas tersebut dan kedepan tugas sudah menunggu Pileg dan Pilpres tetap jaga kekompakan dan koordinasi yang baik sehingga tugas seberat apapun kita bisa melaksanakan dengan baik serta menganjurkan untuk membudayakan mengucapkan salam (Assalamu'alaikum) setiap ketemu dengan orang lain karena dengan kegiatan tersebut kita bisa menjalin silaturrahmi yang baik dengan orang lain.

Setiap perorangan sebagai anggota Linmas harus peka terhadap lingkungan dan selalu berkoordinasi dengan 3 Pilar di desa apabila ada permasalahan dilapangan karena dengan koordinasi yang baik dan lapor cepat kita akan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada, menyampaikan dan menerangkan istilah jarum jatuh saja kita bisa tahu artinya adalah Kades, Babinsa, Babinkamtibmas dan dibantu oleh Linmas selalu tahu permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat khususnya tentang keadaan saat ini masalah teroris agar selalu waspada, curiga dan selalu menjalankan kegiatan tamu wajib  lapor 1 x 24 jam, tambah Danramil 0823/08 Banyuputih.

 Sebagai penutup pembekalan Danramil menyampaikan agar Linmas agar tetap waspada terhadap cuaca buruk seperti angin puting beliung, ombak besar dan kebakaran yang akhir-akhir ini sudah terjadi diwilayah kita dan berharap kepada anggota Linmas harus selalu menjalankan kegiatan Pos Kamling yang ada diwilayah masing-masing karena dengan adanya kegiatan tersebut kita bisa meminimalisir tingkat kejahatan pada saat malam hari di sekitar wilayah Desa Wonorejo. (sdd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar