PENDAMPINGAN PANEN PADI OLEH BABINSA PANARUKAN MENGGUNAKAN MESIN COMBINE HARVESTER

Situbondo – Rabu (05/4) bertempat di Desa Peleyan Kecamatan Panarukan Upaya khusus (UPSUS) pertanian dalam meningkatkan hasil panen khususnya tanaman padi, melalui Dinas Pertanian Kabupaten Situbondo telah membuat trobosan baru menggunakan alat mesin pertanian (ALSINTAN) baru dan modern yang didampingi langsung oleh Babinsa Koramil 0823/05 Panarukan Serda Masarip. Mulai dari pengolahan lahan dengan Hand Tractor, tanam bibit padi dengan menggunakan mesin tanam (Rice Transplanter) hingga panen padi menggunakan alat Combine Harvester.

Seperti yang dilaksanakan Serda Masarip, Babinsa Koramil 05/Panarukan mendampingi  panen padi menggunakan mesin Combine harvester. Sawah milik bapak Miswar  seluas 1 Ha yang berada di Desa Peleyan dengan hasil Panen 7 Ton.

Menurut Keterangan dari Babinsa Serda Masarip desa Peleyan, panen menggunakan mesin Combine Harvester jauh lebih cepat dibanding dengan tenaga manusia. Selain itu secara ekonomis dapat menekan biaya panen, karena biaya panen menggunakan Combine Harvester lebih murah. Alat ini memang terbukti sangat efektif karena dalam 5 jam dapat menyelesaikan panen padi seluas kurang lebih 1 Ha. Dan alat ini juga irit Bahan bakar Ujar beliau

Pada kesempatan ini Serda Masarip Babinsa Peleyan berkesempatan mencoba alat panen padi Combine Harvester. Babinsa juga mengharapkan kepada petani yang tergabung dalam Poktan Desa Peleyan agar bisa menggunakan alat ini. Karena terbukti panen lebih cepat sehingga dapat mulai olah lahan untuk musim tanam selanjutnya. Lebih lanjut Babinsa juga mengatakan,.. “Pemerintah telah memperhatikan para petani, untuk itu diharapkan hasil panen bisa maksimal. Sehingga target swasembada pangan benar-benar bisa terwujud… Tegas Masarip.(dy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar