KEGIATAN SI-MOKOS UNTUK MENAMBAH WAWASAN GENERASI MUDA

Situbondo -  Kebahagiaan dan kegembiraan terlihat saat siswa-siswi SDN 1 Bugeman kecamatan Kendit sebanyak 136 orang saat di halaman sekolahnya saat waktu istirahat jam pelajaran melihat adanya kedatangan prajurit TNI dari Koramil 0823/06 Kendit bersama Si-Mokos. Dalam kegiatan Si-Mokos Aparat Teritorial Koramil 0823/06 Kendit berkoordinasi dengan pihak sekolah dan melakukan kegiatan Si-Mokos dan pemberian materi Wawasan Kebangsaan) Wasbang oleh Batih Wanmil Serma Wahyu Jatmika,  Babinsa Bugeman Serda Suyitno dan Babinsa kendit Kopka Suherman secara bergantian kepada siswa-siswi didampingi oleh Kepala Sekolah SDN 1 Bugeman Ibu Sri Harianingsih, Senin (26/03/2018).

Si-Mokos merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial. Si-Mokos saat itu menarik perhatian mereka karena kendaraan bermotor roda tiga itu dilengkapi dengan satu unit layar LED, pengeras suara dan perpustakaan mini yang berisi buku-buku tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Kendaraan non alutsista ini merupakan inovasi terbaru dari Kodam V/Brawijaya. Kendaraan bermotor roda tiga ini sengaja dibuat dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk berinteraksi dan memberikan edukasi pada masyarakat dan khususnya para siswa-siswi yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Danramil 0823/06 Kendit, Kapten Chb Nashikin mengungkapkan bahwa program belajar bersama Si-Mokos akan dioperasikan di sekolah-sekolah, lingkungan masyarakat dan tempat-tempat umum lainnya terutama di tempat-tempat yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat. Masyarakat, pemerintahan kecamatan serta kalangan pendidik mengaku terkesan dan mengakui manfaat positif atas hadirnya Si-Mokos.

Hadirnya Si-Mokos ini juga merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, Si-Mokos memang diperuntukan bagi Koramil atau Babinsa sebagai sarana untuk membantu Aparat Teritorial agar dapat lebih dekat dengan masyarakat di wilayah tugas masing-masing, di sela-sela kegiatan Si-Mokos kami juga akan selalu memberikan penjelasan arti dari Si-Mokos beserta tujuannya. Dan sebagai Aparat Teritorial kita wajib memberikan Wawasan Kebangsaan kepada semua warga binaan khususnya kepada para siswa-siswi generasi muda agar kedepan terbentuk calon-calon penerus bangsa yang baik dan handal serta bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI. Harapan saya dengan adanya Si-Mokos ini bisa dioptimalkan menjadi sarana pencerdas bangsa serta menguatkan rasa cinta tanah air dan bangsa," jelas salah satu anggota Koramil Kendit Serma Wahyu J yang menjabat sebagai Bati Wanwil. “ (sdd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar