KODIM 0823 SITUBONDO GELAR APEL DANRAMIL DAN BABINSA TA. 2017



Situbondo - Rabu (13/12/2017) pukul 07.30 sampai selesai bertempat di Makodim 0823 Situbondo yang beralamat di jalan PB. Sudirman No. 32 Kel. Patokan Kec/Kab. Situbondo telah diselenggarakan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0823 Situbondo TA. 2017 pada hari kedua dengan mengambil Tema "Melalui kegiatan Apel Danramil dan Babinsa kita tingkatkan kemampuan melalui pelaksanaan Binter untuk mendukung tugas pokok TNI AD ke depan", dengan penanggung jawab kegiatan yaitu Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Ashari, S.Pd, koordinator kegiatan yaitu Pasi Ter Kodim 0823 Situbondo, Kapten Inf Sugeng Tarmudji yang diikuti oleh personel Babinsa sejumlah 151 orang. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Ashari, S.Pd, Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, SH., SIK., M.Sc (Eng), Pasi Binpuanter Rem 083, Mayor Arh M. Sumareng, Kasat Intelkam Polres Situbondo, AKP Pujianto, Para Danramil 0823/01 s.d 16, Para Babinsa jajaran Kodim 0823 Situbondo, Para personel Kodim 0823 Situbondo yang telah ditunjuk sebagai pendukung kegiatan.

nara sumber oleh Pasi Binpuanter Rem 083, Mayor Arh M. Sumareng yang menyampaikan   Mempunyai sikap sebagai petugas Negara dan tugas sebagai warga Negara dengan berpenampilan yang sederhana namun tetap rapi, jaga wibawa dan taat kepada hukum karena menurut wacana yang telah ada bahwa ke depan apabila personel TNI bermasalah terkait dengan hukum maka akan di sidangkan di pengadilan umum. Akan tetapi karena masih adanya kewenangan Ankum maka hal ini masih perlu pengkajian.  Keberadaan sebagai personel TNI jangan membuat keresahan di tengah-tengah masyarakat dan jangan sekali-kali menjadi becking dalam perjudian atau tindakan yang kurang terpuji lainnya dihadapkan kemajuan zaman, masyarakat atau semuanya bisa melaporkannya ke pimpinan atas melalui kemajuan tehnologi seperti via WA dan lainnya. 
Lebih lanjut  Mayor Arh M. Sumareng menekankan bahwa Pedomani 5 Kemampuan Teritorial yaitu : Kemampuan Temu Cepat dan Lapor Cepat, Kemampuan Manajemen Teritorial,  Kemampuan Penguasaan Wilayah,  Kemampuan Pembinaan Perlawanan Rakyat,  Kemampuan Komunikasi Sosial.  Dalam penanganan Pilkada serentak jangan sampai salah melaksanakan kewenangan dan pedomani Netralitas sebagai TNI,Pilkada serentak mempunyai tugas yang berat karena apabila ada gesekan yang terjadi di lapangan harus bener-benar dikoordinasikan dengan satuan samping.   Apabila ada konflik Pilkada dilapangan unsur utama adalah kepolisian dan tugas TNI adalah mengcover atau mem back upnya. Menghimbau kepada Pasi Intel untuk memberikan pemahaman Intelijen dasar kepada seluruh Danramil dan Babinsa Kodim 0823 sehingga bisa mengerti cara deteksi dini (mempunyai naluri,  jangan masa bodoh dan keinginan harus tahu, jangan cuek, cegah dini, lakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan melaporkan ke Komando Atas serta jangan ragu-ragu dalam membuat pendapat pelapor atas kejadian yang di akan dilaporkan. Pesannya
pada  Pukul 09.05 WIB pengantar dari Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Ashari, S.Pd yaitu selamat datang kepada Kapolres Situbondo, para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0823 serta personel pendukung lainnya. Mari kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT, dan kita bersama menyimak apa akan disampaikan oleh Kapolres guna sinergitas TNI Polri karena ini program Komando Atas yang harus dilaksanakan. 
Kemudian dilanjutkan pembekalan oleh Kapolres Situbondo yang intinya menyampaikan ucapan rasa hormat kepada Dandim 0823, para Danramil dan seluruh Babinsa Kodim 0823 dalam rangka apel tersebut..  Semboyan Panglima Besar Jenderal Sudirman yaitu tempat yang terbaik adalah berada di tengah-tengah anak buah sehingga saya harus hadir di kegiatan ini.  Apel ini intinya refleksi dari kerja nyata kita yaitu Sinergitas Tiga Pilar.  Hubungan baik yang selama ini sudah sangat luar biasa antara TNI Polri dan pihak terkait telah terjaga dengan baik khususnya di Kab. Situbondo.
Lebih lanjut Kapolres Situbondo menyampaikan Dandim 0823 saya anggap sebagai Mentor saya selama saya berdinas di bumi Sholawat Nariyah ini karena saya selalu berkomunikasi dengan beliau guna perbaikan kinerja saya dan kemajuan serta keamanan Kab. Situbondo.  Organisasi sebuah sesuatu hal yang mati akan tetapi anggota atau personelnya lah yang menghidupkan organisasi tersebut. Sehingga dengan jiwa Korsa membuat organisasi TNI Polri sampai saat ini sangat solid dan kuat.   Mari sama-sama mengawal dan menjaga proses Pilkada mulai dari mengetahui siapa para calonnya, pendistribusian logistik, penghitungan suara, pengumuman pemenang dan pelantikan. Semua harus dikawal terutama adanya money politic, black campaign yang akan bisa merusak pesta demokrasi. Di wilayah Jawa Timur bahwa Kab. Situbondo merupakan Kabupaten kedua yang bebas dari jaringan Terorisme dan nomor satu yang terbebas adalah Kab. Pacitan, hal ini sudah di Ranking di tingkat pusat sehingga kita patut berbangga atas pencapaian tersebut. 
Pada akhir kegiatan dilanjutkan pemberian cinderamata dari Dandim ke kapolres serta laporan Perwira Tertua kepada Dandim 0823.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar