Sinergitas TNI Polri Pada Operasi Lilin Semeru Di Kabupaten Situbondo



Situbondo - Kamis (21/12/ 2017) Bertempat di Halaman Mapolres Situbondo, Jl. PB Sudirman No. 30 Kel. Patokan Kec./Kab. Situbondo telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 dalam rangka Memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 , bertindak selaku Pimpinan apel Kapolres Situbondo (AKBP Sigit Dany Setiyono, SH, SIK, M.Sc.Eng), PA apel  AKP Agus S (Kasat Binmas Polres Situbondo) dan selaku Danup Ipda Gede Sukarmadyasa (Kanit Tipikor Polres Situbondo ), yang diikuti sekitar 300 orang.

Adapun susunan pasukan diantaranya 1 SST Kodim 0823 Situbondo dan Sub PM 5-35, 1 SST Gabungan , Provost dan Pol Air, 2 SST Gabungan Sabhara dan Staff Polres Situbondo, 1 SST Sat Lantas Polres Situbondo, 1 SST Gabungan Intel dan Reskrim Polres Situbondo, 1 SST Sat Pol PP Kab. Situbondo, 1 SST Dishukominfo Kab. Situbondo, 1 SST Gabungan,Dinkes dan Pramuka, 1 SST PNS Polres Situbondo.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut antara lain  Bupati Situbondo (H. Dadang Wigiarto, SH), Wakil Ketua Pengadilan Situbondo (Toetik Ernawati SH. MH), Dandim 0823 Situbondo (Letkol Inf Ashari, S.Pd),Kapolres Situbondo (AKBP Sigit Dany Setiyono, SH, SIK, M.Sc.Eng),Kepala Dishubkominfo Situbondo (Drs. Tulus Priatmadji, MM), Dansub PM V-35 (Lettu Cpm Eko Karnawan ),Ketua MUI Situbondo ( KH.Syaiful Muhyi), Drs. Suroso, S.H., M. Hum. (Ka Pengadilan Agama),Jajaran OPD Pemkab Situbondo, Jajaran Perwira Kodim 0823 Situbondo, Pejabat utama Polres, Para kapolsek dan para Perwira Jajaran Polres Situbondo serta Tokoh Agama dan Tamu Undangan.

Pada kegiatan ini dilanjutkan Penyematan Pita Tanda Operasi dan pemberian rompi oleh pimpinan apel serta Pembacaan Laporan Singkat kesiapan Ops Lilin Semeru 2017 oleh Kasat Lantas Polres Situbondo (AKP Himawan Setiyawan, SH, SIK).

Adapun amanat Pimpinan Apel (membacakan amanat Kapolri ), yang intinya menyampaikan  Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut :  kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, seni keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Perayaan Natal dan perayaan pergantian tahun yang bersamaan dengan libur sekolah merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, dengan penuh kebahagiaan dan suka cita, yang diharapkan dapat terselenggara dengan nyaman, aman, lancar, dan menjadi tugas kita sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya.  Beberapa ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh Ormas. 

Lebih lanjut Kapolres Situbondo dalam amanatnya menyampaikan Sebelum gelar pasukan Operasi Lilin 2017 ini dilaksanakan, Polri didukung oleh TNI serta stakeholders lainnya, dalam hal ini Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina, dan Jasa Marga, telah melaksanakan Rapat Koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik. Beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas adalah sebagai berikut. Petakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah, dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang. Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya.  Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh Ormas. bila tetap terjadi, lakukan tindakan tegas yang profesional.  Optimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat, lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan Pesan Kapolres Maksimalkan peran Satgas Pangan di masing-masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait. pesannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar