DANRAMIL KAPONGAN BERIKAN MATERI WASBANG KEPADA SISWA BARU



Situbondo - Dalam rangka membentengi generasi muda agar cinta terhadap negara dan bangsa Danramil 0823/03 Kapongan Kapten Inf Marwito memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 120 orang siswa peserta MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMK Nurul Huda alamat Desa Peleyan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Kamis (19/07/2018). 

Dalam kesempatan tersebut Danramil 0823/03 Kapongan Kapten Inf Marwito memaparkan tentang Pancasila dan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an serta 3 (Tiga) Unsur Pokok Wasbang yaitu Rasa Kebangsaan, Paham Kebangsaan dan Semangat Kebangsaan. Rasa Kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara negara-negara di dunia. Paham Kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan. Sedangkan Semangat Kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan yang terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman, ” paparnya.

Kebersamaan dan keakraban antara peserta siswa dan TNI pun sangat terlihat mulai saat pembukaan dan pemberian Wasbang, terkadang Danramil juga sedikit memberikan candaan dan gurauan agar peserta Wasbang tidak jenuh dengan materi-materi yang diberikan. Hal inilah yang menjadi tujuan utama yaitu kebersamaan dan penumbuhan Rasa Nasionalis tanpa harus ditekan dan dipaksakan karena hal itu akan muncul dari dalam hati sanubari mereka, “ imbuh Danramil. “(sdd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar