EVALUASI PERKEMBANGAN DAN PROGARAM PKK DS.OLEAN DAN DS.TALKANDANG

Situbondo – Jum’at (03/3) bertempat di Balai Desa Olean dilaksanakan Rapat Evaluasi Perkembangan dan Program PKK khususnya di desa Olean dan Talkandang. Kapten Inf Marwito Danramil 0823/01 Kota SItubondo turut hadir dalam kegiatan ini. Perkembangan desa dan kelurahan di Kabupaten Situbondo dievaluasi. Evaluasi tersebut untuk menentukan status capaian hasil perkembangan desa dan kelurahan. Selain itu untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan aparatur dalam menjalankan aktivitas pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Sebanyak sembilan aspek masuk dalam penilaian kali ini. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jatim mengharapkan agar penilai profesional, objektif dan akurat dalam melaksanakan tugasnya. Sembilan aspek yang dinilai di antaranya, aspek pemerintahan dan kinerja, aspek tanggap dan siaga bencana.

Selain itu, jelasnya, ada juga aspek desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/e-government dan pendidikan, aspek pelestarian adat dan budaya, pengaturan investasi, ekonomi, dan penanggulangan kemiskinan, aspek identitas, batas dan inovasi, aspek inisiatif dan kreatif dalam pemberdayaan masyarakat serta pemberdaayaan kesejahteraan keluarga.

“Tim juga menilai aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan peningkaatan kapasitas masyarakat, aspek keamanan dan ketertiban, dan aspek kesehatan,” jelasnya saat berada di Desa Olean dan Talkandang, Kabupaten Situbondo.
Lebih jauh ia mengatakan, desa dan kelurahan harus melengkapi RPJMDES, RKPDES, dokumen perencanaan kelurahan dan desa harus mempunyai data profil desa dalam dua tahun terakhir.  Adapun cara pengisiannya disesuaikan dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2007 dan Surat Penetapan Pemenang dari Bupati/Walikota.


Kades Olean mengatakan, kebanyakan masyarakat Desa Olean bekerja sebagai buruh harian lepas. Dua tahun terakhir, kata Kades Olean, fokus membangun ekonomi desa melalui BUMDes. Sudah terdapat empat unit usaha BUMDes seperti jasa angkutan, jasa penyewaan alat-alat prasmanan, pinjaman dana bergulir untuk modal dan usaha kios. Seratus persen masyarakat desa taat membayar PBB dan Desa Olean merupakan desa dengan jumlah terkecil penerima raskintis tingkat Kabupaten Situbondo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar