Kodim 0823/Situbondo Gelar Penyiapan Latihan Posko Antara Komando Dan Staf

Situbondo - Kodim 0823/Situbondo melaksanakan briefing perwira dalam kesiapan Latihan Posko I Tahun 2019 di wilayah Kodim 0823/Situbondo pada Rabu Pkl 08.30 s/d Selesai (8/5) di Aula Makodim 0823/Situbondo Latihan ini bagi seluruh Perwira Staf dipimpin oleh Wakil Sementara Kasdim 0823/Situbondo Mayor Kav.Suprapto mempersiapkan segala kesiapan dalam pelaksanaan Latihan Posko I Tahun 2019. Latihan ini untuk menyiapkan satuan kewilayahan dalam rangka pemantapan dan membentuk prajurit serta satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan di lapangan.

Latihan Posko I tingkat Kodim dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu kelancaran dan sinergitas pelaksanaan tugas dalam menyelesaikan tugas-tugas yang terprogram maupun yang tidak terprogram.

Sebagai prajurit yang profesional dibutuhkan program latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat, dan berlanjut. "Upaya meningkatkan profesionalisme prajurit dan satuan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan, karena tugas yang dihadapi ke depan akan semakin komplek," kata Komandan Kodim (Dandim) 0823/Situbondo.Letkol Inf  Akhmad Juni Toa, SE.M.I.Pol

Sasaran Latihan posko yang harus dicapai yaitu mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku. Lalu, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah. Termasuk, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan. Juga terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, serta terlaksananya komando, kendali komunikasi dan juga informasi secara optimal dan untuk mencapai tujuan dan sasaran latihan posko, maka skenario latihan harus dapat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan.

Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan.(Pen 23)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar