Babinsa Turut serta Menjaga SDA dan meningakatkan SDM lewat Budidaya Sereh Wangi


Situbondo – Jum’at (12/4) Anggota Koramil 0823/05 Panarukan Sertu Eko Wahyudi Babinsa Desa Sumberkolak Bersama bersama Ketua PPS jatim, Wakil ketua PPS jatim, Bendahara PPS jatim, Sekretaris PPS jatim, Ketua LMDH, Kepala sekolah SDN Sumberkolak V dan para guru serta Siswa - Siswi kelas I - VI. mengadakan penanaman bibit sereh wangi yang akan dikelola oleh SDN Sumberkolak V dibawah pengawasan LMDH Desa Sumberkolak. Tujuan dari lahan yang dikelola SDN Sumberkolak V adalah sebagai sarana EDUKASI pengenalan Alam, pemanfaatan lahan tidak produktif,  agar para Siswa bisa lebih menyayangi lingkungan alam serta dapat memanfaatkan potensi alam untuk hal yang lebih bermanfaat. Serta hasil daripada panen sereh wangi nantinya bisa di manfaatkan oleh sekolah untuk kepentingan sekolah dan membantu biaya yang dikeluarkan oleh wali murid.



Pengenalan alam atau yang disebut sekolah alam di bimbing oleh SERTU EKO WAHYUDI Babinsa Desa sumberkolak dengan tujuan aga para siswa mengerti tentang bagaimana memperlakukan alam di sekitarnya dengar cara menjaga, merawat, dan melestarikannya. Kegiatan tersebut disambut dengan penuh Antusias warga baik dari anggota kelompok LMDH Desa Sumberkolak dan para Wali murid.



LMDH Desa Sumberkolak pada saat ini sudah mampu membuka lahan hutan lebih dari 10 Ha yang masuk dalam HPS jatim (Himpunan Petani Sereh Wangi Jawa - Timur) secara Legal dengan tujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran Masyarakat dan memperbaiki tingkat perekonomian Masyarakat dengan cara Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat milenial melalui budidaya Sereh wangi yang nantinya akan di dukung juga adanya Penyulingan sereh wangi yang berlokasi di Kampung Randu Desa Sumberkolak dengan potensi pengelolahan limbah daun sereh 1500 kg, limbah penyulingan daun sereh wangi akan digunakan untuk pakan ternak sapi dan kambing.



Pengembangan kegiatan ini adalah sebagai sarana Edukasi budidaya sereh wangi di Kabupaten Situbondo, pengembangan lapangan pekerjaan sektor pertanian dan peternakan sapi / kambing Nasional sesuai rencana Pemerintah jatim dengan pola kemitraan bersama Peternak, diharapkan kegiatan ini akan berdampak untuk mengangkat Kabupaten Situbondo icon baru produk minyak sereh wangi dan peternakan sapi / kambing Nasional, Wisata Edukasi dan wisata cagar alam, menciptakan budaya petani dan peternak milenial yang berahlak dalam era Globalisasi, menciptakan Interpreuner2 muda jatim yang berahlak mulia menghadapi pasar bebas asia, Menjaga SDA dan menciptakan SDM yang Berkwalitas untuk NKRI. (Ungkap Sertu Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar