TNI Polri Siap Membantu Pemerintahan Amankan Pemilu

Situbondo - Jum'at (22/02) Pasi Ops Kodim 0823/Sutubondo Kapten inf Syamsari melaksanakan Rakor teknis pengamanan dan pendistribusian logistik dipemilu tahun.2019 bertempat di kantor KPU Jl. Cendrawasih No.32 Kel. Patokan Kec kota Situbondo telah dilaksanakan Rakor Tekhnis Pengamanan Dan Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2019, dengan penanggung jawab Marwoto, SE (Ketua KPU Situbondo) di ikuti 15 orang.



Adapaun  Hadir dalam kegiatan Marwoto, SE (Ketua KPU Situbondo), Drs. Imron Rosadi (Sekretaris KPU Kab. Situbondo), Yuni Aswari, SH (Komisioner Divisi Hukum KPU Situbondo), Agus Basuki Cahyono, SH M. Hum (Divisi Tehnis KPU Situbondo), Iwan Suryadi, SH (Divisi Parmas dan SDM, KPU Situbondo), Bahrul Wahid (Komisioner Bawaslu), Kompol Hermanto, SH ,MH (Kabag Ops Polres Situbondo), Suyono, SE (Kabid HAL Bakesbangpol Situbondo), Iptu Kusmiyani (Kaur Mintu Satreskrim Polres Situbondo), Ibu. Fahrul Laily (Kasubag keuangan umum dan logistik KPU Situbondo), Moh.Busadiyanto, S.Sos (Kasi Opsdal Satpol PP)



kegiatan diawali Pembukaan dipandu oleh Drs. Imron Rosadi (Sekretaris KPU Kab. Situbondo) menyampaikan Proses kesiapan sampai saat ini, pengadaan dari KPU Kabupaten sudah 100 %. KPU RI  kurang 10 % diantaranya kekurangan bilik suara dan surat suara.



Marwoto, SE (Ketua KPU Situbondo) pada Sambutannya menyampaikan Kesiapan pengamanan pemilu difokuskan pada TNI/ Polri, Sat Pol PP baik pendistribusian dan Pengamanan di gudang logistik. KPU telah bersinergi untuk Pemilu serentak pertama tahun 2019 KPU Situbondo  mulai tahapan sampai sekarang aman apabila ada yang mau kampanye agar memberikan pemberitahuan/ ijin ke Polres dengan tembusan KPU.



Pada tahap tingkat Desa sebanyak 136 dari 17 Kecamatan, di Desa 2.421 TPS ada beberapa TPS rawan daerah terpencil ada perubahan di 2 tempat, Ponpes Walisongo dan Ponpes Sukorejo menunggu rakor tingkat nasional.Jumlah Pemilih DPT yang sudah kita Plenokan pada 18 Februari awalnya : 493.169  berubah dengan pindah pilih DPTb : 498.442, Laki-laki : 239.238, Perempuan : 259.204



Pengadaan Logistik Kabupaten Sudah selesai mulai alat alat, Provinsi kurang Formulir dan sampul, KPU RI surat suara belum masuk Presiden dan DPR RI. Kotak suara terbuat dari kardus kwalitas bagus. Dalam rangka pengamanan sesuai ketentuan PKPU No.113 bahwa pengawalan pengadaan sampai tujuan, dari gudang sampai tingkat bawah di kawal oleh Polri. Tehnis melakukan pergeseran ke bawah personil yang pengamanan di tarik. H-7 logistik akan turun ke 17 kecamatan dalam pengamanan terbuka dan tertutup diamankan oleh Polres Situbondo.



Penyampaian dari Kompol Hermanto, SH (Kabag Ops Polres Situbondo) menyampaikan Kami sudah siap mengamankan pemilu 2019 mulai dari Polres, Kodim Situbondo sampai tingkat Polsek di 17 kecamatan.



Kabag Ops Polres Situbondo juga menyampaikan Jumlah TPS bertambah 2 kali lipat di banding dengan Pilgub, memberikan sosialisasi kepada anggota yang berada di lapangan dan memperketat pengamanan dari Linmas katagori sehat dan muda. Dalam pendistribusian kotak suara yang rawan memberikan perhatian khusus pengamanan karena faktor keamanan yang paling utama.



Kesiapan pengamanan kotak suara mulia dari tingkat kecamatan sampai dengan desa, menghimbau kepada TPS rawan agar pengamanannya ditambah dan mempunyai perhatian khusus. Setelah pencoblosan dari TPS, sampai PPK untuk memaksimalkan pengamanan selama 10 hari, saat penghitungan di tingkat Kecamatan pengamanan yang sangat extra.



Tidak lupa pula Kapten Inf Samsuri (Pasi Ops Kodim 0823/Situbondo) juga menyampaikan TNI khususnya Kodim Situbondo selalu mendukung suksesnya Pemilu 2019, dari pengalaman Pemilu yang sudah-sudah kami siap setiap saat dan selalu berkoordinasi dengan pihak Polres atau Kabag Ops Polres





Kegiatan rakor tekhnis pengamanan dan pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2019 oleh KPU Situbondo dalam rangka menyamakan visi dengan semua stakeholder, agar pada pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan lancar, sukses dan aman.(SR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar