Babinsa Selalu Motivasi Petani Untuk Lebih Aktif Dan Semangat



Situbondo – Kamis (22/11) Babinsa Koramil 0823/05 Panarukan Sertu Eko Wahyudi (Babinsa Desa Sumberkolak) Bersama PPL pertanian Desa Sumberkolak (Ibu Desi Komalasari), PPL Pertanian Kabupaten Situbondo bersama Siswa SMKN 2 Situbondo Melaksanakan Kegiatan UBINAN jagung di lokasi persawahan milik Bapak Zaini Iskandar (Ketua Hippa) Desa Sumberkolak Seluas 0,4 Ha Jenis Bibit jagung Bisi-18.

Kegiatan tersebut untuk memprediksi hasil yang akan diperoleh sekaligus memberikan pelatihan kepada Siswa SMKN 2 Situbondo tentang Ilmu pertanian.
Pada musim panen saat ini para petani jagung mampu melepas senyum kebahagiaannya dengan adanya harga yang sangat menguntungkan bagi para petani jagung (Rp 5200/Kg) Jika dengan ukuran lahan sawah seluas 0,4 Ha maka standart yang dicapai kurang lebih 3,5 Ton (3500 kg) dan harga jual bisa mencapai kurang lebih Rp 18.200.000.

Bapak Zaini Iskandar pemilik lahan sawah tersebut menyampaikan kesuksesan petani khususnya di wilayah Desa Sumberkolak juga tidak lepas dari Bimbingan dan pengawasan PPL dan Babinsa yang setiap harinya selalu aktif mendampingi petani (Baik dalam kelompok Tani maupun Perorangan) dan selalu ada dalam pemecahan permasalahan atau kendala yang di alami para petani.

Kehadiran PPL dan Babinsa di tengah-tengah petani juga mampu memotivasi para petani untuk lebih aktif dan semangat dalam mengelola lahan pertaniannya sehingga kegagalan yang dialami para petani sangat minim bahkan pada musim panen saat ini tidak ada gagal panen khususnya di wilayah Desa Sumberkolak, Rasa syukur atas nikmat rezeki dari Allah Swt dan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Ibu PPL dan Bapak Babinsa.

Ibu Desi Komalasari (PPL pertanian Desa Sumberkolak) juga menjelaskan apabila tiap-tiap kelompok tani kompak tentunya penanganan dalam pertanian itu juga akan mudah dikendalikan dan Insyaallah hasil yang dicapai juga akan maksimal, kemudahan PPL dalam pengendalian pertanian juga tidak lepas dari keikutseraan Babinsa yang selalu aktif memberikan Bimbingannya kepada para petani dan selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan kelompok tani dan Gapoktan. Dalam untuk memotifasi dan memberikan  kepada anggota kelompok tani, dan merupakan wujud penggalangan Teritoria, Babinsa melalui bidang pertanian dalam perbaikan perekonomian untuk kesejahteraan Masyarakat. tukas Babinsa setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar