LESTARIKAN BUDAYA LOKAL, PERSONEL KORAMIL 0823/05 PANARUKAN SUKSESKAN PETIK LAUT


Situbondo - Sebagai satuan yang bertugas di wilayah teritorial, personel TNI yang bertugas di Koramil dituntut untuk membaur dan mendekatkan diri dengan masyarakat serta menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban wilayah yang kondusif. Selain itu setiap personel diharapkan mengenal dan melestarikan budaya lokal yang ada diwilayah desa binaan masing-masing. Seperti yang dilaksanakan di Dusun Somangkaan, Desa Kilensari, Personel Koramil 0823/05 Panarukan Serka Jefri sebagai Babinsa wilayah langsung dibantu dengan 2 orang personel Koramil 05 Panarukan turut berperan aktif dalam pelaksanaan tradisi syukuran Petik Laut yaitu lomba hias perahu yang dilaksanakan di Dermaga Baru Panarukan. Kamis (20/09/2018).
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Muspika Pasirian, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, Kepala Desa Kilensari beserta Staf, Kelompok Nelayan Dusun Somangkaan serta warga Dusun Somangkaan yang turut hadir memeriahkan acara lomba hias perahu dalam pelaksanaan tradisi syukuran Petik Laut.

 Kegiatan petik laut ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu kita laksanakan disetiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan wujud sebagai masyarakat nelayan untuk selalu mensyukuri berkat atau rejeki yang sudah Allah SWT berikan kepada kita, adapun kegiatan seperti hiburan itu kita laksanakan guna menjaga kelestarian kebudayaan kita yang sudah ada semenjak nenek moyang kita,” tutur Serka Jefri. “
 
Sementara itu Danramil 0823/05 Panarukan Kapten Inf Joni K juga mengatakan bahwa kegiatan petik laut merupakan tradisi lokal yang perlu untuk dilestarikan. Secara pribadi saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud pelestarian budaya lokal dan merupakan aset budaya daerah. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai diharapkan kepada masyarakat untuk selalu memelihara tanaman cemara yang berada di sekitar pantai sehingga kawasan Wisata Pantai Cemara Indah Dampar ini tetap terjaga kelestariannya, ” jelas Danramil. “ (sdd).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar