PENDAMPINGAN PANEN PADI YANG DILAKUKAN BABINSA

Situbondo – Senin (06/3) Dalam usaha meningkatkan Ketahanan Pangan dibutuhkan kemitraan yang kuat dari seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali Babinsa selaku Pembina Desa. Babinsa harus mengetahui dan membantu kendala-kendala yang di hadapi para petani yang menjadi tanggung jawab daerah binaannya.

Koramil 0823/ 01 Kota Situbondo jajaran kodim 0823/Situbondo Serda Jufriyanto dan Koptu Sholeh melaks pendampingan panen padi di wilayah Dsn.Karang Asem kel Patokan. Padi Milik Pak Kadar seluas 400 M dan 1 H ireng,sekaligus sosialisasi penyerapan Gabah utk dijual kepada Bulog.Pantauan dari Babinsa utk panen musim ini kurang baik karena pada saat padi mulai terbit,kena hujan siang dan malam,sehingga hasil rendemin rendah. Diperkirakan rata2 dalam satu Ha panen sekarang bisa dpt 6 sampai 7 ton,musim sebelumnya  satu ha dpt antara 8 sampai 9 ton 

Komandan Koramil (Danramil) 01/ Kota mangatakan “dengan pendampingan yang rutin dilaksanakan oleh Babinsa, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen maka pada sekarang ini dapat menghasilkan padi yang cukup baik walaupun ada kendala disana sini tetapi dengan kesabaran semua dapat diatasi,” katanya.

Setelah panen ini, Danramil 01/ Kota Situbondo menekankan pada Babinsa agar senantiasa mengajak kepada petani supaya segera melaksanakan pengolahan tanah untuk masa tanam berikutnya. Sehingga diharapkan tidak terlalu lama sawah dapat ditanami kembali.“Diharapkan petani juga bisa ikut mensukseskan program swasemabada pangan pemerintah,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar